Breaking News
Loading...
Saturday 5 September 2015

2 Cara Menambahkan Watermark di Video


Pada artikel kali ini saya menjelaskan mengenai cara menambahkan watermark pada video. menambahkan watermark pada video mungkin menjadi sebuah kebutuhan bagi anda yang yang memiliki hobi membuat video atau membuat video untuk tujuan tertentu. Dengan menambahkan watermark pada video maka akan menambahkan kesan bahwa video itu milik kita atau buatan kita sendiri. Selain itu dengan menambahkan watermark pada video maka akan membuat orang lain sulit untuk mengklaim video kita sebagai video milik mereka. Dengan menambahkan watermark pada video juga akan memudahkan orang – orang yang menonton video untuk mengetahui siapa pemilik video tersebut. 

Watermark macam-macam bentuknya,  bisa berbentuk tulisan maupun logo ataupun dengan menggabungkan tulisan dengan logo. Menambahkan logo pada video mungkin cukup bermanfaat bagi teman-teman karena dengan menambahkan logo, orang yang menonton video akan mudah untuk mengetahui dari perusahaan mana atau dari organisasi mana video tersebut dibuat. Walaupun teman-teman tidak memiliki perusahaan atau organisasi, dengan menambahkan logo maka akan memudahkan untuk branding teman-teman, bisa itu branding diri teman-teman sendiri ataupun branding website yang teman-teman miliki. Nah, bagi teman teman yang belum memiliki logo dan ingin belajar membuatnya teman-teman bisa membaca artikel saya yang berjudul “Tutorial Membuat Desain Logo (1)”. Membuat watermark yang akan saya jelaskan pada tulisan kali ada dua acara yakni menggunakan Windows Movie Maker dan juga VLC Media Player, kedua-duanya merupakan aplikasi yang bisa digunakan secara gratis. Ok, ikuti langkah-langkah berikut untuk menambahkan watermark pada video.

Cara Pertama : Menggunakan Windows Movie Maker


Pertama import terlebih dahulu video yang ingin teman-teman tambahkan watermark. Caranya klik movie tasks yang berada di sebelah kiri kemudian pilih import video, selanjutnya cari video yang ingin diimport.


Video yang sudah diimport akan terpecah menjadi beberapa bagian. Seleksi semua bagian video tersebut kemudian klik kanan pilih combine. Drag video yang sudah digabungkan ke dalam timeline.


Pada bagian edit movie yang berada di sebelah kiri pilih make titles or credits.


Pilih add title on the selected clip in the timeline.


Ketikkan kata yang ingin dijadikan watermark setelah itu klik change the title animation.


Pilih subtitle agar text berada di bawah.



Kita juga dapat mengatur transparansinya. Apabila pengaturan telah selesai klik done, add title to movie.




Tarik timeline title sampai akhir video, agar watermark muncul terus selama video berjalan.


Cara Kedua : Menggunakan VLC Media Player


Pertama buka terlebih dahulu video yang ingin ditambahkan watermark. Kemudian pada menu tool pilih effects and filters.


Selanjutnya pilih video effects >> overlay


Untuk menambahkan watermark berupa tulisan, caranya adalah klik centang pada add text kemudian ketikkan tulisan pada text.  


Teman-teman dapat mengatur posisinya sesuai dengan yang teman-teman inginkan.


Untuk menambahkan watermark berupa logo, caranya adalah klik centang pada add logo kemudian klik icon titik-titik untuk mencari logo yang ingin dijadikan watermark.


Untuk mengatur posisinya teman-teman bisa mengubah angka px di top dan leftnya.
Selanjutnya yang perlu teman-teman lakukan adalah memainkan video yang sudah diwatermark sambil merekamnya.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi teman-teman.
Posted by desainzain
Desain Zain Updated at: 17:57

7 comments :

  1. mas saya download movie maker nya yang baru dan setau saya yang lama susah ditemuin dan diganti ama yang baru yg 2012 saya bingung kalo ngeditnya pake movie maker 2012 gimana soalnya yang ini mah yang lama....!!! bagaimana????

    ReplyDelete
  2. Terimakasih admin salam
    http://perampokgoogle.blogspot.com

    ReplyDelete
  3. maksud dari memainkan video sambil merekamnya itu bagaimana? menggunakan software apa lagi untuk merekam video yang dimaenkan melalui VLC?

    ReplyDelete
  4. Infonya sangat bermanfaat, terimakasih Om :D
    Tapi kalo misalnya ngga perlu direkam watermarknya masih nempol di video kan?

    ReplyDelete
  5. thanks a lot :D .. bantu banget

    ReplyDelete

Back To Top