Breaking News
Loading...
Thursday 30 April 2015

Cara Membuat Font Sendiri Dengan Font Creator

Bagi teman-teman yang sudah bosan menggunakan font hasil karya orang lain terus, mungkin teman-teman tertarik untuk membuat font hasil karya teman-teman sendiri. Membuat font sendiri memang memberikan beberapak kelebihan diantaranya:
- Bisa memberikan kepuasan tersendiri karena telah menciptakan karya font sendiri.
- Membuat desain kita tampak lebih unik/orisinil karena menggunakan font kita sendiri yang membuat orang lain sulit menyerupai desain kita.
- Teman-teman juga bisa menjual font hasil karya teman-teman sendiri, lumayankan untuk menambah penghasilan?

Sebelum artikel ini, saya sudah pernah membuat artikel tentang cara membuat font sendiri pada artikel yang berjudul Cara Membuat Font Sendiri Secara Online, sesuai namanya maka teman-teman dapat membuat font sendiri secara online dan tentu saja gratis. Nah, pada artikel kali ini lagi-lagi kita akan membahas cara membuat font sendiri namun kali ini kita menggunakan software yang bernama High Logic FontCreator. Sayangnya software ini hanya gratis untuk versi trial saja untuk versi full teman-teman harus membelinya.

Ok, untuk memulai membuat font sendiri menggunakan font creator, pertama teman-teman harus mendownload dan menginstal terlebih dahulu programnya. Bila teman-teman tidak ingin membelinya bisa menggunakan versi trialnya saja.


Buka program font creator, kemudian klik menu file >> new project untuk memulai membuat font baru. Beri nama project sesuai keinginan teman-teman.


Setelah membuat new project biasanya tampilannya akan tampak seperti gambar diatas, bagian kolom angka dan tanda biasanya sudah terisi, sedangkan bagian kolom huruf masih belum terisi. Untuk mengisi kolom font yang belum terisi, teman-teman bisa mengklik dua kali pada bagian kolom font. Misalnya kita ingin membuat huruf A maka klik dua kali pada huruf A maka akan muncul semacam tab baru.


Ada berapa cara yang bisa digunakan untuk membuat huruf pada font creator. Seperti gambar diatas saya membuatnya menggunakan add rectangle, kemudian melakukan penyesuai pada point-pointnya. Bisa juga menggunakan insert contour untuk membuatnya. Cara-cara seperti tadi digunakan untuk menghasilkan font yang lebih rapi.


Teman-teman bisa juga menggunakan free hand, bentuknya seperti brush, gunakan mouse untuk membuat hurufnya. Cara ini agak sulit sulit menurut saya dan kurang rapi.


Ada cara yang lebih mudah yaitu dengan menggunakan gambar huruf. Teman-teman menggunakan gambar huruf yang teman-teman miliki kemudian import gambar tadi ke font creator. Namun teman-teman harus memiliki gambar huruf terlebih dahulu. Bila tidak punya, teman-teman bisa membuat font terlebih dahulu di kertas kemudian gunakan alat tulis untuk berkreasi sehinga menghasilkan gaya huruf yang keren, setelah itu scan dan import ke font creator.

Demikian tadi beberapa cara membuat font menggunakan font creator. Oh ya teman-teman juga bisa mengedit font yang sudah ada dengan menggunakan program ini. Selamat mencoba.
Posted by desainzain
Desain Zain Updated at: 17:15

1 comments :

  1. wow.... your site fulfil my all requirements..thanks for this amazing information.... FontCreator Professional Edition

    ReplyDelete

Back To Top