Breaking News
Loading...
Friday 4 September 2015

Cara Membuat Efek Cahaya pada Tulisan Menggunakan GIMP




Pada artikel kali ini saya akan menuliskan tutorial mengenai editing text. Sebelumnya saya telah menuliskan beberapa artikel mengenai editing text seperti cara membuat text dengan efek kaca, text dengan efek api, dan text dengan metal 3d. Nah, pada kesempatan  kali ini tutorial yang akan saya buat adalah mengenai cara membuat text dengan efek cahaya. Sama seperti artikel-artikel sebelumnya pada artikel kali ini pun saya menggunakan aplikasi gratisan yaitu GIMP. Ikuti langkah-langkah berikut ini untuk membuat text dengan efek cahaya menggunakan GIMP:


Buat kata yang ingin teman-teman buat menggunakan text tool, font yang saya gunakan untuk tulisannya adalah Optimus Prince.


Setelah itu copy layer text tersebut (tidak dicopy pun sebenarnya tidak apa-apa) ubah layer text tersebut menjadi layer biasa. Cara mudah mengubah layer text menjadi layer biasa adalah dengan menggunakan eraser tool, klik kan eraser tool ke salah satu bagian layer text maka dengan demikian layer text akan berubah menjadi layer biasa.


Klik kanan pada layer tadi kemudian pilih alpha to selection untuk mendapatkan seleksi pada tulisan. Setelah seleksi sudah terbentuk buat gradient menggunakan blend tool. Atur foreground and background colors agar menjadi warna coklat dan coklat tua. Setting agar gradient berbentuk radial. Kemudian kita tarik gradient dari tengah ke salah satu sisi agar warna di sisi tulisan menjadi lebih gelap.


Agar warna ditengah tulisan menjadi lebih terang tambahkan efek cahaya dengan menggunakan lighting effects caranya klik menu filters >> light and shadow >> lighting effects. Atur agar cahaya berada ditengah tulisan.


Setelah itu kita akan membuat tekstur batu pada tulisan. Caranya teman-teman cari terlebih dahulu gambar batu kamudian buka dan pindahkan ke kertas kerja kita. Perbesar ukuran batu sehingga menutupi tulisan. Pada layer tulisan klik kanan kemudian pilih alpha to selection, setelah layer tulisan sudah terseleksi aktifkan layer batu kemudian balik seleksinya dengan cara klik menu select >> invert.


Setelah itu hapus bagian yang terseleksi tersebut sehingga yang tertinggal hanya gambar batu yang berbentuk tulisan. 


Atur mode layer batu, pada pilihan mode pilih overlay, sehingga tekstur batu terlihat menyatu dengan tulisan.


Buat layer baru kemudian buat shape seperti gambar diatas menggunakan paths tool, seleksi path tersebut dan warnai dengan cara klik menu edit >> fill with FG color. Sebelum itu Atur terlebih dahulu foreground color menjadi warna kuning.


Selanjutnya kita buat inner glow. Untuk membuatnya teman-teman harus memiliki plug in layer effects terlebih dahulu. Klik menu layer >> layer effects >> inner glow. Lihat gambar di atas. Klik OK.


Sesuaikan pengaturan layer inner glow seperti gambar di atas.


Buat outler glow caranya sama seperti sebelumnya yaitu menggunakan layer effects.



Buat layer baru di atas layer glow. Pada layer tersebut kita akan membuat afek cahaya. Caranya gunakan paintbrush tool gunakan warna orange, kemudian warnai area disekitar shape, setelah itu atur opacitynya agar sedikit transparan sehingga area di sekitar shape tampak bercahaya orange.


Lakukan langkah serupa pada huruf-huruf lainnya.


Copy layer tulisan, layer tulisan yang dibawah diwarnai dengan warnai orange. Untuk mewarnainya saya menggunakan layer effets >> color overlay.


Geser sedikit layer tulisan berwarna orange yang berada di bawah.


Untuk menambah kesan cahaya. Gelapkan area tulisan yang agak jauh dari area shape cahaya. Caranya pada layer tulisan tersebut buat seleksi kemudian buat layer baru. Pada layer baru tersebut warnai area huruf yang agak jauh dari shape cahaya dengan warna yang agak gelap menggunakan paintbrush tool.


Akhirnya selesailah efek cahaya yang ditambahkan pada text.

Posted by desainzain
Desain Zain Updated at: 02:03

0 comments :

Post a Comment

Back To Top