Breaking News
Loading...
Wednesday 15 April 2015

Cara Membuat Font Sendiri Secara Online

Font menjadi bagian penting dalam aktifitas kita. Misalnya, kita mungkin pernah mendengar syarat dan ketentuan sebuah lomba karya tulis atau penulisan karya tulis ilmiah yang telah menentukan jenis font yang digunakan oleh peserta lomba. Juga, bagi teman-teman yang sedang menyusun skripsi pun mungkin ada jenis font yang sudah ditentukan oleh pihak kampus. Selain sebagai syarat administrasi font menjadi bagian penting dalam hal estetika. Para desainer grafis tentu sangat mengerti hal ini. Bahkan bisa jadi para desainer grafis memerlukan waktu yang lama untuk menyeting font yang dia gunakan dalam desainnya. Saya pernah mengalaminya, mulai dari memilih font, mengatur jarak spasi font sampai mengatur jarak antar baris font.

Dalam jenis desain grafis typography perhatian khusus terhadap font tentu diperlukan. Typography merupakan jenis desain yang mengandalkan font atau angka sebagai unsur utama dalam desain. Keindahan dalam desain typography dipengaruhi dengan bagaimana sebuah font diseting atau dimanipulasi sedemikian rupa sehingga menghasilkan karya yang eye-catching. Font yang unik dan berbeda kadang sangat diperlukan dalam typography, walaupun font biasa kadang bisa tampil keren untuk jenis desain tertentu misalnya desain dengan gaya simple, namun font yang tampil beda dengan keunikannya bisa jadi nilai tambah sendiri dalam typography.

Font unik dan berbeda dari biasanya saat ini dapat dengan mudah kita cari karena kemajuan tekhnologi dan informasi saat ini, namun bagaimana bila teman-teman inginmemiliki font yang benar-benar otentik? Nah, untuk mengatasi masalah tersebut tidak ada salahnya teman-teman membuat font sendiri.

Membuat font sendiri bisa dengan menggunakan aplikasi maupun secara online. Bagi teman-teman yang tidak ingin mendownload dan menginstal aplikasi karena khawatir membawa virus komputer, membuat font secara online bisa menjadi pilihan yang baik. Pada postingan kali ini ada dua website yang akan dibahas yaitu fontstruck.com dan myscriptfont.com .

Fontstruct.com

Fontstruct.com merupakan situs yang dapat digunakan oleh pemilik akun untuk membuat kreasi font sendiri secara online. Cara membuatnya cukup sederhana. Setelah teman-teman memilki akun di fontstruct.com, teman-teman langsung bisa membuat font sendiri dengan cara mengklik tombol create new fontstruction. Cara membuatnya cukup mudah bila ingin membuat font dengan tampilan sederhana, namun bila ingin membuat font yang benar-benar unik dan keren tentu memerlukan waktu, kesabaran dan keahlian. Di fontstruct ini ada grid yang digunakan sebagai media untuk membuat font dan brick untuk mengisi media tersebut sehingga membentuk sebuah huruf. Bentuk brick bermacam-macam, teman-teman bisa memilihnya sesuai kebutuhan, bentuknya yang bermacam-macam memudahkan teman-teman untuk berkreasi. Selain brick ada juga tool lainnya untuk memudahkan teman-teman membuat font, misalnya penghapus.


Teman-teman tidak perlu khawatir mengenai hak cipta dari font yang sudah teman-teman buat. Di fontstruct teman-teman bisa melakukan pengaturan jenis hak cipta dari font yang sudah dibuat oleh teman-teman, walaupun mungkin pihak fonstruct.com tidak memberikan bantuan hukum seandainya ada pelanggaran hak cipta. Dibawah ini beberapa lisensi yang dapat dipilih oleh teman-teman.


Di fontstruct.com kita juga dapat menemukan font-font keren pada bagian gallerynya. Di website ini kita memang dimudahkan dalam menshare hasil karya kita kepada orang lain. Ini adalah beberapa font keren yang saya temukan di fontstruct.com.



Myscriptfont.com

Di website ini teman-teman juga bisa membuat font secara online, namun berbeda dengan fontstruck.com, di website ini teman-teman tidak semuanya melakukan aktivitas membuat font secara online. Ada beberapa hal yang perlu teman-teman persiapkan sebelum membuat font di website ini, salahsatunya alat tulis, kenapa alat tulis? Karena cara kerja website ini adalah membuat font berdasarkan apa yang telah kita gambar. Bagi teman-teman yang tidak terbiasa menggambar menggunakan aplikasi komputer, website ini mungkin bisa menjadi pilihan.


Di website ini teman-teman tidak perlu membuat akun. Langkah awal untuk membuat font sendiri di website ini adalah teman-teman harus mendownload dulu template yang telah disediakan oleh website ini. Di template yang telah disediakan tersebut ada semacam kolom yang diisi dengan huruf-huruf yang kita tuliskan, huruf-huruf yang kita tuliskan ini yang nantinya menjadi sebuah font. Di bawah ini adalah contoh font yang saya buat sendiri dengan seadanya :)



Ini adalah langkah yang saya lakukan dalam membuat font tersebut
1. Print terlebih dahulu template yang telah didownload.
2. Kemudian isi kolomnya dengan huruf-huruf yang kita tulis.
3. Scan template yang telah diisi dengan font.
4. Upload ke myscriptfont.com
5. Tunggu prosesnya hingga kita bisa mendownloadnya
Posted by desainzain
Desain Zain Updated at: 05:48

0 comments :

Post a Comment

Back To Top